Tips Mencegah Obesitas(Kegemukan) Tips Mencegah Obesitas(Kegemukan):KUMPULAN INFO DAN TIPS KELUARGA ANDA Tips Mencegah Obesitas(Kegemukan) - KUMPULAN INFO DAN TIPS KELUARGA ANDA

Sabtu, 02 Oktober 2010

Tips Mencegah Obesitas(Kegemukan)


Obesitas atau kegemukan bisa menimpa siapa saja, orang dewasa ataupun anak anak. Obesitas dapat menimbulkan masalah buruk pada anak, seperti kesehatan ataupun masalah sosial saat berhubungan dengan teman teman. Selain itu, individu yang menderita obesitas ketika kecil, berpotensi menderita obesitas saat berusia dewasa, dan berisiko mengalami sejumlah masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung dan stroke.
Kelebihan berat badan dapat dihindari sejak dini. Berikut ini adalah sejumlah cara pencegahan obesitas pada anak berdasarkan kategori usia:
- Usia 0-1 tahun
Menyusui ternyata mampu mencegah kelebihan berat badan pada bayi. Meskipun mekanisme pastinya tidak diketahui, bayi yang mendapatkan ASI dipercaya lebih mampu mengontrol asupan makanan dan mengikuti insting laparnya.

- Usia 2-6 tahun
Mulailah mengajarkan si kecil kebiasaan makan yang baik dengan memperkenalkan berbagai variasi makanan sehat. Dorong anak menjadi aktif dan bantu dia membangun berbagai keahlian.

- Usia 7-12 tahun
Dorong anak agar rajin melakukan aktivitas fisik setiap hari, misalnya bermain sepak bola bersama teman-teman sebaya, bermain basket, atau bermain sepeda. Jika mungkin, bisa juga mendaftarkannya sebagai anggota salah satu klub olahraga.
Di rumah pun, jangan biarkan anak bermalas-malasan tanpa melakukan sesuatu. Ajak mereka melakukan aktivitas fisik, misalnya membereskan rumah, bermain di halaman, dan lain sebagainya.

- Usia 13-17 tahun
Anak remaja biasanya sangat menyukai fast food, tapi coba mengubah kecenderungan tersebut dengan memberikan pilihan kudapan yang lebih sehat, seperti roti lapis isi ayam panggang dan salad. Selain itu, pastikan untuk membatasi jatah kalori dengan menyajikan porsi kecil setiap kali makan. Jangan lupa, dorong pula mereka agar lebih aktif setiap harinya.

- Segala usia
Kurangi interaksi dengan televisi, komputer, dan video games, serta hindari menyantap makanan di depan layar kaca. Sajikan beragam pilihan makanan sehat dan jadikan aktivitas makan sebagai bagian dari ritual kebersamaan anggota keluarga.

Hidangkan buah sebagai pengganti camilan, dan pastikan mereka menyantap buah dan sayur dalam porsi cukup. Selain itu batasi konsumsi minuman yang mengandung gula atau pemanis buatan. Jangan lupa sajikan sarapan sehat setiap pagi.

Related Posts by INFO TIPS ANDA



INFO DAN TIPS TERBARU|BERITA|OLAH RAGA|NUSANTARA|BUDAYA|ANEKA RAGAM|MOVIE INFO|Tips Wanita |Tips Keluarga |Tips Kesehatan |Tips Kecantikan
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

1 Comment:

Faik Fauzi said...

Mantab gan infonya...

http://www.faikshare.com/2011/03/obesitas-kegemukan.html

Posting Komentar

Arsip Blog

free counters W3 Directory - the World Wide Web Directory Feedage Grade B rated I'm listed in Personal backlink checker http://infodewasaku.blogspot.com/
 

KUMPULAN INFO DAN TIPS KELUARGA ANDA Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha